22 Indeks di BEI yang harus diketahui Investor

22 Indeks di BEI LQ45, IDX30
Saham di BEI selain diklasifikasi berdasarkan jenis usaha perusahaan yang tercatat, saham juga di indeks sesuai kategori yang di pilih oleh bursa. 

Terdapat 22 Indeks di BEI yang dapat kita ketahui bersama, 22 indeks di bei tersebut dipilih berdasarkan kinerja perusahaan, kerutinan dalam membagian sebuah dividen, menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), serta dari 22 indeks di BEI tersebut terdapat pengkategorian saham yang sudah memenuhi prinsip syariah. adapun indeks/kategori tersebut sebagai berikut :    

1. LQ45 
LQ45 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 45 saham berdasarkan kriteria yaitu memiliki likuiditas yang baik, kapitalisasi pasar yang besar serta fundamental perusahaan yang kuat. 

2. IDX30 
IDX30 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 30 saham berdasarkan kriteria yaitu memiliki likuiditas yang baik, kapitalisasi pasar yang besar serta fundamental perusahaan yang kuat.  

3. KOMPAS100 
KOMPAS100 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 100 saham berdasarkan kriteria yaitu memiliki likuiditas yang tinggi dan kapitalisasi pasar di dalam BEI yang besar. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks KOMPAS100 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh perusahaan media Kompas Gramedia Group (Kompas) 

4. BISNIS-27 
BISNIS-27 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 27 saham berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Komite Indeks Bisnis Indonesia. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks BISNIS-27 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh perusahaan media PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia). 

5. PEFINDO25 
PEFINDO25 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 25 saham dengan kategori perusahaan kecil dan menengah berdasarkan kriteria likuiditas transaksi yang tinggi dan memiliki kinerja yang baik. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks PEFINDO25 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh perusahaan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). 

6. SRI-KEHAYATI 
SRI-KEHAYATI merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 25 saham perusahaan berdasarkan kriteria berkinerja baik, mendukung usaha berkelanjutan, dan kepeduliaan yang tinggi terhadap "Sosial, lingkungan hidup dan tata kelola perusahaan" atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). Perusahaan yang termasuk dalam Indeks SRI-KEHATI merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI). 

7. JII 
JII merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 30 saham syariah berdasarkan kriteria kinerja keuangan dan likuiditas transaksi yang baik. 

8. ISSI 
ISSI merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan yang dikategorikan termasuk saham syariah berdasarkan Daftar Efek Syariah (DES) yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK). 

9. INFOBANK15 
INFOBANK15 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 15 saham perbankan berdasarkan kriteria faktor fundamental dan likuiditas perdagangan yang tinggi. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks infobank15 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh perusahaan media PT Info Artha Pratama (Infobank). 


10. SMInfra18 
SMInfra18 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 18 saham berdasarkan kriteria saham yang dipilih dari sektor infrastruktur, penunjang dan pembiayaan infrastruktur serta sektor perbankan yang memenuhi kriteria tertentu. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks SMinfra18 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

11. MNC36 
MNC36 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 36 saham berdasarkan kriteria kinerja positif berupa likuiditas transaksi, kapitalisasi pasar, rasio keuangan dan fundametal yang baik. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks MNC36 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh perusahaan media Media Nusantara Citra (MNC) Group. 

12. Investor33 
Investor33 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 33 saham dari 100 (seratus) saham terbaik versi Majalah Investor yang diputuskan menurut likuiditas transaksi, kapitalisasi pasar, rasio keuangan serta fundamental perusahaan. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks Investor33 merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh perusahaan media PT Media Investor Indonesia (Majalah Investor). 

13. IDXSMC-COMPOSITE 
IDXSMC-COMPOSITE merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja saham berdasarkan kriteria kapitalisasi pasar kecil dan menengah. 

14. IDXSMC-LIQUID 
IDXSMC-LIQUID merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja saham berdasarkan kriteria likuiditas yang tinggi serta kapitalisasi pasar kecil dan menengah. 

15. I-GRADE 
I-GRADE merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 30 saham perusahaan yang masuk peringkat investment grade dari PEFINDO (idAAA hingga idBBB-) serta memiliki nilai paling besar dalam kapitalisasi pasar. Perusahaan yang termasuk dalam Indeks PEFINDO i-Grade merupakan perusahaan-perusahaan pilihan dari analisis yang dilakukan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). 

16. IDXBUMN20 
IDXBUMN20 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 20 saham perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan afiliasinya. 

17. IDXHIDIV20 
IDXHIDIV20 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 20 saham yang selalu memberikan dividen tunai dalam jangka waktu 3 tahun terakhir serta dengan rasio dividend yield yang tinggi. 

18. JII70 
JII70 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 70 saham syariah berdasarkan kriteria likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik. 

19. IDX80 
 IDX80 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 80 saham dengan kriteria likuiditas yang tinggi, kapitalisasi pasar besar dan fundamental yang kuat. 

20. IDXV30 
IDXV30 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 30 saham dengan kriteria likuiditas transaksi, valuasi harga yang rendah, dan kinerja keuangan yang baik. 

21. IDXG30 
IDXG30 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 30 saham dengan kriteria tren harga relatif terhadap pendapatan dan pertumbuhan laba bersih serta likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik. 

22. IDXQ30 
IDXQ30 merupakan Indeks di BEI yang mengukur kinerja 30 saham berdasarkan historis perusahaan relatif dengan solvabilitas yang baik, profitabilitas tinggi, pertumbuhan laba stabil, likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik. 

LihatTutupKomentar