Laporan Keuangan & Laporan Tahunan Perusahaan di BEI

 
Laporan Keuangan & Laporan Tahunan Perusahaan di BEI
Laporan Keuangan (Financial Statement) 
Financial Statement adalah suatu laporan mengenai kondisi keuangan perusahaan yang meliputi 5 jenis laporan yang harus disajikan perusahaan sebagai tanggungjawab manajemen perusahaan kepada pemilik atau pemegang saham. 5 jenis laporan keuangan tersebut diantaranya :   

1. Laporan Neraca/Posisi Keuangan (Statement of Financial Position) 
Laporan Neraca merupakan laporan yang terdiri dari Aset, Utang, dan Modal dalam suatu perusahaan. Laporan ini menjelaskan kondisi fundamental asset suatu perusahaan.   

2. Laporan Laba Rugi (Income Statement) 
Laporan Laba Rugi merupakan laporan yang terdiri dari pendapatan/penjualan, Harga pokok penjualan (Cost of Goods Sold), dan beban dari aktivitas operasi perusahaan. Laporan ini menjelaskan kinerja operasi perusahaan selama satu periode.   

3. Laporan Perubahan Ekuitas (Retained Earnings
Laporan Perubahan Ekuitas merupakan laporan yang terdiri dari ekuitas yang tersedia dalam suatu perusahaan, laba atau rugi yang terjadi dalam satu periode, dan dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham. Laporan ini menjelaskan mengenai perubahan ekuitas yang terjadi pada perusahaan dalam satu periode. Ekuitas yang dimiliki perusahan setiap tahunnya akan berubah-ubah seiring penambahan ekuitas yang terjadi, kinerja perusahaan yang mendapatkan laba atau rugi, serta keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai kebijakan dividen setiap tahunnya.   

4. Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flow) 
Laporan Arus Kas merupakan laporan mengenai aktivitas penerimaan kas dan pengeluaran kas yang terjadi akibat adanya aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pembiayaan yang dilakukan perusahaan.   

5. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) 
CALK merupakan informasi detail mengenai data-data yang terdapat pada laporan neraca, laba rugi, perubahan ekuitas dan arus kas. laporan ini menjelaskan darimana saja sumber nilai/angka-angka yang terdapat pada ke-4 laporan tersebut.  

Laporan Tahunan (Annual Report) 
Laporan tahunan merupakan laporan mengenai profil, produk yang dimiliki, struktur manajemen, kegiatan rapat, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), penerapan tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance), serta laporan keuangan perusahaan selama satu periode. Laporan ini menjelaskan aktivitas perusahaan secara menyeluruh selama jangka waktu satu periode.   

Download Laporan Keuangan/Laporan Tahunan Perusahaan yang tercacat di Bursa Efek Indonesia. 

Perusahaan Sektor Manufaktur  

Perusahaan Sektor Penghasil Bahan Baku  

Perusahaan Sektor Jasa  

LihatTutupKomentar